Rabu, 04 April 2012

Tidur yang baik

 
Tidur adalah obat khusus ilmiah yang relatif baru. Tidur merupakan topik penting dalam literatur Islam, dan Al-Quran dan Hadis membahas jenis tidur, pentingnya tidur, dan praktik tidur yang baik. Islam menganggap tidur sebagai salah satu tanda-tanda kebesaran Allah SWT..

Tips tidur yang menyehatkan:



1. Tidurlah dengan posisi telentang dan wajah menghadap ke langit-langit
Kesalahan dalam posisi tidur seperti posisi miring bahkan meringkuk akan menyebabkan sakit punggung.

2. Walaupun Anda memiliki hewan peliharaan, ada baiknya hindari untuk tidur bersama mereka
Bulu hewan dapat memicu serangan asma dan mengundang datangnya alergi.

3. Bersihkan wajah


4. Usahakan agar selalu tidur pada waktunya. Body timer kita akan bekerja dengan optimal ketika kita menepati jadwal tidur dan bangun yang teratur. Demikian pula pada saat bangun tidur, pengeluaran adrenaline pada tubuh kita akan senantiasa terjadi pada waktu yang sama, sehingga kita akan bangun dengan lebih segar.


5.Ciptakan suasana tidur yang nyaman, jaga cahaya, kelembaban dan suhu udara kamar tidur.

6. Sebelum Tidur lakukan seperti berdoa, membaca bacaan ringan, dan memikirkan yang indah-indah.

7.Hindari memikirkan masalah pekerjaan dan beban pikiran yang berat pada saat hendak tidur. Hal ini akan terbawa pada alam bawah sadar kita, sehingga tubuh kita gagal memasuki fase “deep sleep”, sehingga meskipun waktu tidur kita lama, tapi tubuh kita tidak beristirahat optimal.

8. Hindarkan kejadian tidur karena kelelahan.

9. Jangan tidur pada selain jamnya.

10. Jangan tidur dalam keadaan lapar dan kekenyangan… karena keduanya akan menganggu tubuh kita beristirahat dengan baik, sehingga bangunnya pun akan terganggu.


Waktu yang tidak dianjurkan untuk tidur, Sebagai berikut :

Tidur sehabis asar
Buat yang suka tidur sehabis ashar mohon dikurangi karena jika sering tidur sehabis ashar dapat menyebabkan gangguan jiwa. ilmuwan dari yahudi meneliti bahwa tidur setelah ashar dapat menyebabkan kegilaan. kalau secara islam, tidur sehabis ashar tidak akan mendapatkan berkah, karena ashar adalah saatnya pergantian malaikat yang mendata amal baik/buruk manusia. jadi kalo tidur sehabis ashar gak akan di data amalnya.

Tidur sehabis subuh
Tidur sehabis shubuh sampai selesai waktu dhuha(waktu matahari sepenggalahan) dapat menyebabkan penyakit vertigo. penyakit vertigo adalah penyakit kepala yang sangat sakit yang susah dihilangkan. selain itu tidur sehabis shubuh akan meyebabkan kemalasan yang berlebihan, gampang emosi, dsb. jadi kalau bisa agan beraktivitaslah jika sudah bangun tidur.

Tidur sehabis magrib
Yang tidur sehabis maghrib katanya selama tidur akan di gerayangi setan dan perasaan ke esokan harinya hatinya jadi tidak tenang.

NOTE:
Yang harus diingat, tidur kurang dari enam atau tujuh jam dalam satu malam berkaitan dengan risiko tekanan darah tinggi, hipertensi, obesitas, diabetes dan kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung